www.flickr.com
akbar92's items Go to akbar92's photostream

Kamis, 26 Desember 2013

GENERASI MUDA INDONESIA MENJAWAB TANTANGAN MASA DEPAN

Indonesia merupakan negara dengan komposisi penduduk berbentuk piramida ekspansif, yaitu negara dimana tingkat kelahiran penduduk lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kematian. Dengan tingginya tingkat kelahiran di Indonesia, tentu akan tercipta banyak bibit-bibit penduduk usia produktif yang dapat dimanfaatkan untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang. Bukan tak mungkin, Indonesia akan segera menjadi negara maju apabila ditopang oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu memimpin negeri ini.

            Di era dimana teknologi sudah lebih maju dan memungkinkan hubungan antar negara menjadi lebih mudah, tentu informasi yang diterima oleh anak muda jauh lebih banyak dan beragam karena berasal dari berbagai negara dan bahasa di belahan dunia yang berbeda. Apabila di masa sebelumnya informasi hanya bisa didapat melalui radio dan televisi yang terbatas, sekarang sudah ditemukan sebuah teknologi bernama internet yang membuat segalanya menjadi praktis. Ingin mencari soal-soal latihan untuk ujian? Perpustakaan akan menjadi pilihan nomor dua, karena sebagai anak muda yang ‘tidak ingin repot’, mencari sumber di internet akan jauh lebih mudah dibandingkan harus mencari informasi diantara buku-buku perpustakaan. Semudah ketikan jari dan koneksi ke dunia maya, sumber dan segala informasi dapat dengan mudah diraih. Suatu era yang disebut juga sebagai era globalisasi, dimana segalanya dapat dijangkau lebih mudah, namun menimbulkan keterkaitan hubungan antar negara di berbagai sektor.

            Bersamaan dengan ditemukannya internet, generasi muda Indonesia juga ikut diuntungkan, salah satunya dibidang hiburan. Tanpa internet, rasanya lebih sulit untuk mengetahui berbagai informasi dan perkembangan mengenai film, musik, olahraga dan bidang hiburan lainnya. Bukan lebih sulit sebenarnya, tetapi lebih ‘terlambat’, karena dengan teknologi internet suatu berita dapat diketahui dengan lebih cepat, walaupun berasal dari negara yang jauh. Contohnya tentang berita mengenai wafatnya salah satu aktor Hollywood, Paul Walker, akibat kecelakaan saat mengendarai mobil mewah. Berita lengkap mengenai peristiwa naas tersebut pertama kali didengar melalui situs berita di internet. Ternyata, apapun yang terjadi di dunia, dapat diketahui lebih cepat melalui sarana bernama internet ini.

            Namun dari berbagai keuntungan yang didapat dari internet, tentu terdapat  juga berbagai kerugian. Salah satu contoh yang mudah ditemui adalah kegiatan ‘idoling’ yang berlebihan. ‘Idoling’ sendiri adalah kegiatan mengidolakan, yang wajar dilakukan oleh anak muda maupun dewasa. Tetapi lebih umum dijumpai di usia muda karena di saat inilah anak muda sedang gencar mencari jati dirinya. Dengan mudahnya akses informasi mengenai tokoh idola, kegiatan interaksi antar sesama penggemar, anak muda dapat dengan mudah mengagumi idolanya yang berada jauh darinya melalui internet. Ada hal yang perlu diperhatikan apabila idola yang umumnya berasal dari luar negeri ini sampai berimbas kepada memudarnya rasa cinta tanah air individu, karena menganggap karya orang asing lebih baik dan sesuai untuk dirinya dibandingkan budaya asal negerinya sendiri. Merupakan hal baik apabila kegiatan ‘idoling’ ini berbuah menjadi sebuah inspirasi berkarya, tetapi akan menjadi tantangan besar apabila sampai merusak jiwa nasionalisme individu muda karena lebih tertanamnya budaya asing dibandingkan akar budaya sendiri. Sebagai generasi muda yang akan memimpin di masa depan nanti, lebih baik jika memiliki wawasan yang mendunia tetapi juga mampu melestarikan budaya bangsanya, dan akan jauh lebih baik lagi apabila bisa membawa harum nama bangsa sehingga Indonesia bisa dikenal di mata dunia.

Menurut Hariandja (1987: 203-204) :
Para pemuda harus menyediakan diri kepada situasi pembangunan dewasa ini dengan suatu cara yang dapat dicocokkan dengan perkembangan dewasa ini. Tidak ada penyesuaian otomatis, perlu perencanaan. Penyesuaian kepada masa pembangunan, tidak mungkin secara otomatis.Para Pemuda, organisasi-organisasi pemuda, perkumpulan-perkumpulan pemuda, haruslah berintegarasi dan mengadakan perencanaan dalam rangka pembinaan generasi muda.
POTENSI-POTENSI PEMUDA
1.Idealis dan daya kritis : secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada , maka ia dapat melihat kekurangan-kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru.
2.dinamika dan kreatifitas.
3.keberanian mengambil resiko
4.optimis dan kegairahan semangat
5.sikap kemandirian dan disiplin murni
6.Terdidik
7.keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan.
8.Patriotisme dan nasionalisme
9.sikap kesatria
10.kemampuan kekuasaan ilmu dan teknologi.

Presiden Soekarno pernah berkata: 
Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya
Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia


1 komentar:

  1. Generasi Muda adalah aset Bangsa Indonesia dan akan mengukir sejarah Indonesia ke depan, berhasil gagalnya suatu bangsa ada pada mereka.

    BalasHapus

Welcome to muhammadakbar92.blogspot.com | HEAD LINE NEWS hari ini....